I think it will be a loong long
posting -_-
Ok, let’s start,
4 Juni 2013,
Ternyata di pintu keluar gua, sudah ada om om yang menunggu kita. Om om? Iya, om om itu berkalung sorban, eh, berkalung ular-ular phyton dan satwa-satwa lain seperti burung kakaktua dan burung hantu. Yup, om om tersebut adalah penyedia jasa foto dengan satwa. Disitu ada 3 ular phyton dengan 3 ukuran berbeda. Big, medium, and small deh kira-kira. Gua sih udah pernah foto sama ular sebelumnya. Tapi kali ini mau foto lagi sama Uyun. Kita ambil ular yang big size, dan Uyun nyuruh gua pegang bagian kepalanya, haha. And, click!
Sudah puas menjelajah goa? Sudah foto sama ular? Ok, let’s
go home! Eh, di perjalanan pulang kita ketemu musisi jalanan lagi.
Awalnya sih gua mepet-mepet tuh motor, muter-muter, jeprat-jepret, pegang-pegang. Eh, taunya, ada om-om yang nyahut.
Ok, let’s start,
Study tour dilaksanakan selama 5
hari, dari tanggal 3-7 Juni 2013, yang meliputi 3 tempat tadi. Bandung,
Yogyakarta dan Solo. Tempat-tempat yang dikunjungi antara lain Cibaduyut, Goa
Jati Jajar, Candi Prambanan, Candi Borobudur, Malioboro, Grojogan Sewu, Pasar
Klewer dan Sangiran.
3 Juni 2013,
Sekitar jam 07.00 pagi, semua
peserta study tour berkumpul di sekolah. Peserta berjumlah ±180
orang yang terbagi dalam 3 bus. Gua di bus 2 ^^
Bus 1 : BE 2065 FF
Bus 2 : AA 1850 CD (the different
one. Why? -_-)
Bus 3 : BE 2067 FF
Gua hapal plat nomornya kaan? :p
Hari itu, gua dan Uyun pakai kaos
kembaran, belang-belang warna coklat. Yang dulu belinya bareng di pasar malam
:D
Setelah brifing, sekitar pukul
09.00, kita semua berangkaat. Dan sampai di pelabuhan Bakauheni sekitar pukul
11.00. Kita naik kapal Jatra II. Semua peserta makan siang di kapal. Waktu itu
menunya ayam goreng, kering tempe dan sambal. Nasi yang pasti. Haha, gua masih
inget aja. Selama di kapal sih, gua banyak ngabisin waktu di pinggir kapal sama
Uyun. Dan anginnya kenceeeng banget. Jilbab gua sampai berkibar-kibar -_- O iya
gua dan Uyun juga banyak liat ubur-ubur. Lucu deh diliat dari atas permukaan
air. Tapi, mirisnya, ternyata laut itu kotor banget, soalnya sepanjang mata
memandang nih ya, cuma sampah yang keliatan merata di atas air, ngambang-ngambang
gitu -_-
Capek di pinggir
kapal, kita move on deh ke dek penumpang. Ternyata ada mbak biduan yang lagi
nyanyi!
![]() |
| Foto sama biduan nih
XD |
Sekitar pukul 13.00, kita sudah
merapat di pelabuhan Merak. It’s Java Island guys! Tempat pertama yang kita
kunjungi di Pulau Jawa adalah Cibaduyut di Bandung. Lo tau Cibaduyut kan? Salah
satu tempat di Bandung yang terkenal sebagai sentra industri sepatu &
kulit. Ini mata gak ngedip sama sekali liat toko sepatu yang bejibun, yang
pastinya sepatunya juga kece-kece. Niat gua buat beli jaket kulit dan lady
biker’s boot terpaksa diurungkan karena gua gak dapet yang srek. Daripada ntar
nyesel kan? Akhirnya gua cuma beli fantopel yang kembaran sama Uyun (harganya kan
jatuhnya jadi lebih murah, hehe :D), dan oleh-oleh pesanan orang rumah.
Di Bandung, gua juga puas ngeliat
jajanan peyem di pinggir-pinggir jalan. Peyempuan? Peyembungan?
Peyempatan? Bukan! Ituloh makanan khas
Bandung, tape, singkong yang yang difermentasi tapi masih dalam keadaan utuh.
Menggoda banget deh, digantung-gantung gitu. Tapi sayang, kita gak mampir untuk
beli. Kita langsung bertolak menuju Goa Jati Jajar, dan bermalam di bus.
![]() |
| Twins fantopel :D |
4 Juni 2013,
Sampai di Goa Jati Jajar, kita
langsung disambut oleh ibu-ibu dan bapak-bapak yang menawarkan fasilitas kamar
mandi umum. Wah, ternyata disana ada baaanyak banget kamar mandi, dan tempatnya
juga lumayan nyaman. Ngeliat pintu-pintu kamar mandi berjejer segitu banyak,
ijo nih mata. Berasa ngeliat surga, itu pintu kamar mandi bersinaar. Bayangpun,
sudah sehari penuh kita gak ketemuan sama sabun, alias mandi. Yup, setelah
semua mandi dan dilanjutkan dengan sarapan, baru deh kita masuk ke tempat
wisata Goa Jati Jajar.
Baru diambang area
wisata, telinga kita udah langsung dimanjakan dengan alunan musik dari
instrumen khas. Waktu itu lagu yang dimainin lagunya CheryBelle – Beautiful.
Haha, gua mau request lagu lain tapi bingung. Jadi yaudah deh, foto aja :D
Terus jalan, kita
liat goa. Kita kira sih itu goa jati jajar nya. Tapi ternyata bukan. Itu goa ..
goa apa ya? Gua lupa namanya, hehe :D. Goanya gelep, didalemnya gak ada
penerangan sama sekali. Jadi anak-anak cuma berdiri di tangga masuk di mulut
goa, dan gak ada yang berani masuk, kecuali gua, hehe :p
Goanya lumayan dalem sih, karena
gua liat masih ada jalan yang terus masuk. Tapi emang gelap dan lembab juga,
gua jadi takut kepleset (yaiyalah namanya juga goa -_-).
Yah, karena itu goa terlalu gelap
untuk dimasukin, akhirnya kita move on nyari Goa Jati Jajar yang sebenarnya.
Tapi, dalam perjalanan .. ada mbak-mbak yang nanyain gua.
“kok gak masuk dek?”
“gak ah mbak, gelep banget”
“lho, itu dulu ada lampunya loh”
“iyatah mbak? Itu kan dulu.
Mungkin goanya belum bayar tagihan, jadi listriknya diputus PLN deh, hehe”
“hehe”
Yah, begitulah. Menurut
keterangan si embak, itu goa ada penerangannya. Duluu .. :3
Lanjuut, sambil otw Goa Jati
Jajar, kita banyak nemuin objek-objek yang menarik buat foto.
| I touch the .. milk!
XD |
| I hug you, statue ({}) |
| Ini langit-langit goa
nya. Banyak tulisannya gitu. Kebanyakan sih nama orang. |
| Dan ini gapura menuju
bagian dalam goa. |
Secara keseluruhan sih, Goa Jati
Jajar ini jauh lebih baik daripada goa yang gua datengin sebelumnya. Karena
disini sudah ada penerangan, tangga jalan, tempat duduk, papan penunjuk, dll.
Yah jelas lah ya, secara kan ini goa utamanya.
![]() |
| Di dalam goa ada
banyak patung yang kebanyakan berwarna putih. |
| Dan banyak orbsnya
juga! :o |
| Sebenarnya ada 1
sendang lagi, namanya sendang Mawar. Sayang, papan penunjuknya gak kefoto. Tapi sendang Mawar itu airnya deres banget. Jadi kita cuci mukanya di sendang Kantil ini. |
| And finally, we’re
out! |
Ternyata di pintu keluar gua, sudah ada om om yang menunggu kita. Om om? Iya, om om itu berkalung sorban, eh, berkalung ular-ular phyton dan satwa-satwa lain seperti burung kakaktua dan burung hantu. Yup, om om tersebut adalah penyedia jasa foto dengan satwa. Disitu ada 3 ular phyton dengan 3 ukuran berbeda. Big, medium, and small deh kira-kira. Gua sih udah pernah foto sama ular sebelumnya. Tapi kali ini mau foto lagi sama Uyun. Kita ambil ular yang big size, dan Uyun nyuruh gua pegang bagian kepalanya, haha. And, click!
| Easy listening banget
deh musiknya :)
tapi gua lupa lagu yang dimainin apaan.
|
Sebelum keluar kompleks wisata, kita juga ngelewatin pasar
seni. Gua beli kalung yang kembaran lagi sama Uyun. Haha.
![]() |
| Twins peace necklace |
Masih dihari yang sama, kita
melanjutkan perjalanan ke Candi Borobudur. Bus gua, bus 2 sampai paling dulu di
Borobudur. Tapi kita gak bisa masuk karena the most important personnya, alias
Bapak bendaharanya ada di bus 1. Dan bus 1 masih di jalan, setia menunggu bus 3
yang ternyata pecah ban! Oh god, gua was-was banget nunggunya. Waktu itu sekitar
jam 4 sore, dan lo tau kan kalau Candi Borobudur itu tutup jam 5 sore. Gua
trauma, karena dulu waktu study tour SMP, gua gagal masuk ke Borobudur karena
kesorean! Aaaaa, gua gak mau kejadian lagi L
Sampai akhirnya sekitar pukul
16.30 an, bus 1 dan bus 3 datang. Alhamdulillah, lega rasanya. Setelah sampai
di Candi Borobudur dan naik sampai stupa teratas, gua gak lupa buat nyobain
pegang patung buddha yang ada di dalam stupa. Yang mitosnya kalau kita bisa
pegang patungnya, keinginan kita bisa tercapai. Yah, terlepas dari musyrik, gua
nyoba aja, dan ternyata bisa! Tangan gua sampai untuk pegang patungnya.
Selanjutnya, gua berburu bule!
Jhahaha :D Sekalian ngelatih english conversation gua nih. Pertama gua ngeliat
seorang bule, gua langsung terbengong-bengong. Yah, seperti kebanyakan bule
yang berhidung super mancung, demikian juga dengan bule ini. Dan gua ngeliatnya
dari samping, angle yang pas banget buat ngeliat kemancungan hidung seseorang
-..-
Gua shock, gua langsung
ngelus-ngelus hidung gua sendiri yang ... flat K.
Dan gak lupa bilang subhanallah berkali-kali -_-
| Kapan gua bisa punya
hidung kaya gitu? -_-
(bersyukur Rah bersyukur :)
hehe iya :))
|
Bule pertama yang gua
ajak foto, adalah bule ini. Tapi sayang, gua lupa nanya dari mana asalnya. Tapi
kalau dengar logatnya sih agaknya dari Australia. (Ah, sok tau lo Rah *pletak)
| The second tourist,
from England ^^ |
| The third tourist,
from Thailand |
Yup, sekian perburuan bule gua.
Minta fotonya gampang kok. Lo cuma perlu bilang : “excuse me Sir/Maam, can I
take a picture with you?” atau kalo mau basa-basi dulu, lo bisa nambahin :
“what’s your name?”, “where do you come from?” gitu aja sih. So easy to practice,
all you need is just bravery ;) Hehe, gampang kok dipraktekin, cuma butuh
keberanian aja ;)
| Oh Borobudur, what a
great and beautiful temple! |
Borobudur sudah?
Let’s go to Jogja! Loh kok Jogja? Iya Jogja. Borobudur itu di Magelang guys,
bukan di Jogja.
| Tugu Yogyakarta di
malam hari dari dalam bus |
Kita sampai di
Yogyakarta pas malam hari, dan langsung meluncur menuju jalan paling terkenal
dan fenomenal di Jogja, Malioboro!
![]() |
| At Malioboro street |
![]() |
| Mbah kakung & mbah putri |
Apa yang gua lakuin di Malioboro?
Ngapain lagi kalau bukan belanja? Surganya deh disitu. Berburu kaos dan batik,
pasti. Pulang dari shopping, gua duduk-duduk di tempat parkir sekitaran
Malioboro. Eh, ternyata disitu ada CB yang ikutan parkir juga.
![]() |
| CB 125 Merah AB 3145
MN |
Awalnya sih gua mepet-mepet tuh motor, muter-muter, jeprat-jepret, pegang-pegang. Eh, taunya, ada om-om yang nyahut.
“Itu Honda 125 dek”
“CB”
“Iya, Honda CB 125”
“Numpang foto ya om, maniak CB nih”
“O ya udah monggo”
“Om yang punya?”
“Hah, yaudah foto-foto aja dulu”
“Om yang punya bukan?”
“Ya, saya kolektor barang antik juga. Saya masih ada CB dan
Vespa di rumah”
“Iya tah om?”
“Iya, yang CB dirumah ada warna putih, saya ganti mesin dan
body yang ori”
“Wah, jadi mahal tuh om”
“Iya, kemaren sempet ditawar orang 16 tapi gak saya lepas”
“Hah? Trus mau dilepas berapa om?”
“Kalo saya sih minimal 18, saya juga gak pengen jual. Untuk
koleksi aja”
“Ckck, iya om diantikin aja, dikoleksi”
“Wah, saya dapet istri yang antik juga”
“Waduh, tapi gak dikoleksi kan istrinya? Satu aja ya?”
“Oh, nggak nggak. Iya satu aja, hehe. Maksudnya sama-sama
suka barang antik gitu, jadi cocok”
“Ohhaha, gitu. Anaknya om? Suka barang antik juga?”
“Oh, saya belum punya anak. Tadi itu maksudnya pacar, bukan
istri, hehe”
“Jiaaahh, si oom, calon lah ya om”
“Iya, calon”
“Disini ada club nya gak om?”
“Oh ada, banyak malah. CB, Vespa, ya motor-motor antik gitu.
Rame disini, kalo malem minggu pada ngumpul”
“Seru ya, berarti besok balik kesini pas malem minggu, hehe”
“Iya, rame di sini, anak anak muda ..”
Yah, sampai situ aja deh obrolan
gua. Karena kita sudah disuruh pada balik ke bus, gua sempet beberapa kali
jepret lagi, trus pamitan deh sama oomnya. Seneng deh, bisa dapet temen ngobrol
gitu :D
Perjalanan hari itu pun berakhir
di Hotel Prayogo, Yogyakarta. Tempat dimana kita beristirahat selama 1 malam.
Gua di kamar L, berlima sama Fenny, Lina, Misri dan Maya.
(Berlanjut ke part 2 ...)

+-+Copy.png)




+-+Copy.png)



Review yg bagus... KunBal ya
BalasHapusmakasih, done :)
Hapusauthornya kenapa hidungnya di pesek-pesekin gitu ya?
BalasHapusini ori kakak -..-
Hapus