Minggu, 14 Juli 2013

Review study tour Bandung - Yogyakarta - Solo (Part 2)

5 Juni 2013,
Setelah makan pagi dan check out dari hotel, kita melanjutkan perjalanan menuju tempat wisata selanjutnya, yakni pusat kerajinan gerabah, di Kasongan. Awalnya kita cuma pergi ke gallery penjualannya aja. Tapi, karena kita penasaran dengan proses pembuatannya, akhirnya kita pergi ke tempat pembuatan gerabahnya, sesuai dengan petunjuk si om yang punya gallery.

Colorful lampion

Kita jalan, masuk ke gang gitu. Disitu ada banyak pengrajin gerabah, terlihat dari banyaknya tanah liat dan patung-patung yang dipajang maupun tengah dijemur di halaman rumah.


Patung ini posenya lagi ngapain yah? XD
 


Lo ngapain disitu Rah?! :o

Tapi ternyata, aktifitas pembuatan gerabah belum dimulai. Menurut keterangan warga, pembuatan gerabah biasanya dimulai sekitar pukul 9, dan sayangnya kita datang terlalu pagi. Beruntung, kita menemukan satu pengrajin yang memulai aktifitas pembuatan gerabah lebih awal.

Kira-kira seperti ini proses pembuatan
guci gerabahnya

Hehe, pose doang :D
Sudah paham proses pembuatannya? Capcus ke Candi Prambanan!
 


Welcome to Roro Jonggrang temple!

Oiya, lo tau kan Candi Prambanan itu panasnya kaya apa? Jadi, sampai disana kita sudah langsung ditawarin payung-payung sewaan. Tarifnya 5 ribu rupiah, selama kita di dalam kompleks candi. Gak nolak deh!
Sampai di kompleks candi, gua langsung tertarik buat ke candi utama, karena ada antrian di pintu masuknya. Ternyata itu antrian untuk ngambil helm, sebelum masuk ke candinya. Helm? Buat apa? Kalem, tahan dulu pertanyaannya.



Ini dia jawabannya! Alat pemantau retak? Iya, sesuai namanya, alat ini berfungsi untuk memantau keretakan pada candi yang bersangkutan. Alat ini dipasang karena candi sangat rentan terhadap keretakan-keretakan yang bisa berakibat fatal. Keretakan ini diperparah juga dengan gempa yang beberapa kali melanda pulau Jawa. Dan kalau gua perhatikan juga, di dinding-dinding candi itu ada banyak retak-retakan yang sudah ditambal-tambal gitu.
Lalu, apa hubungannya dengan penggunaan helm? Nah, karena candi tersebut rentan keretakan, maka akan rawan pula terjadi keruntuhan. Yah, kita semua memang tidak menginginkan warisan budaya ini rusak. Tapi pencegahan juga perlu dilakukan. Jadi, setiap wisatawan yang akan memasuki candi diwajibkan mengenakan helm yang telah disediakan oleh pengelola candi. Hal ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan kepada para wisatawan apabila terkena reruntuhan. Nah, begitu deh alasan singkatnya kenapa kita harus pakai helm.

 
Tapi, gua juga belum tau alasan kenapa kita pakai helmnya cuma di candi utamanya aja. Hmm, mungkin karena candi utama ini yang paling parah kerusakannya ya?


Lo ngapain Rah, berdiri di rel
kereta gitu? Mau bunuh diri karena
gagal move on? XD

Sudah berpanas-panas ria di kompleks candi, gua langsung keluar dari kawasan candi, dan jalan-jalan di sekitar kompleks candi. Ternyata masih banyak candi-candi lain di sekitar candi Prambanan sendiri. Berburu bule? Haha, gua udah gak mood lagi buat berburu bule. Lagian bule-bule disini bergerombol dan udah nempel sama tour guide. Jadi, agak susah juga minta fotonya.
Pas jalan-jalan, ada om-om dan pakde-pakde yang nawarin penyewaan sepeda. Wah, asyik nih! Ada sepeda thandom juga lagi! Untuk sepeda thandom, tarifnya 20 ribu rupiah. Gua ceban, Uyun ceban. Cocok! Dan ternyata, anak-anak banyak yang tertarik juga. Jadi kita ramai-ramai deh sepeda santai. Ihiiirr, gowes! Kita gowesnya tinggal ngikutin jalur sepedanya, ada papan penunjuk bergambar sepeda.

Thandom bike!



Gua dan Uyun gowesnya barengan sama cowok-cowok kece ini nih! Saking asyiknya gowes, kita sengaja ngelama-lamain waktunya, dan keluar dari jalur sepedanya. Bahkan kita sampai dijemput sama om-om yang jaga penyewaan sepedanya! Hahaha, maaf ya om :D
Selesai parkir dan balikin sepedanya, kita ditawarin air minum sama pakdenya. Baik banget deh. Karena ternyata di deket situ ada dispenser hangat-dingin dan gelas plastik yang memang sengaja disediakan, gratis! Disebelah dispenser juga langsung ada tempat sampah, supaya kita gak sembarangan buang bekas gelas plastiknya. Dua jempol deh buat candi Prambanan! (y) (y)
Puas naik sepeda, kita coba mampir ke museum candi Prambanan nya, masih sama cowok-cowok kece tadi. Berasa jadi banci kamera deh, jalan bareng mereka. Dikit-dikit pasti jepret! :D

Di dalam museumnya banyak lukisan-lukisan gitu.
Bagus-bagus deh.
Selain itu juga ada alat-alat musik, patung-patung dan stupa, gambar ilustrasi, diorama, bahkan film.

Sepulang dari Candi Prambanan, kita langsung menuju penginapan di Puncak Gunung Lawu, Tawangmangu. Dalam perjalanan menuju Tawangmangu, kita berjumpa dengan sosok-sosok yang super cantik, ini dia!

Cucok cyiin!! Lo gak tau betapa hebring (heboh) nya
kita waktu ngeliatcowok-cowok cantik itu. Kita
berusaha keras buat ngefoto mereka dari dalam bis.
Rempong (repot) deh ah! :D

Saat malam tiba, kita mulai melewati lereng gunung Lawu. Namanya juga lereng gunung, jadi jalannya berliku-liku, berkelok-berkelok gitu *nahloh. Tikungannya tajem eys! Dan lo tau? Malem itu posisinya hujan, jalannya licin, gelep, kanan kiri jurang, dingin, dll, oh my! Super duper extrem! Tapi alhamdulillah, 3 bus study tour, tiba dengan selamat sentausa menghantarkan rakyat Indonesia ... eh eh maksudnya, tiba dengan selamat sentausa di Penginapan ..
Setelah pembagian kamar, kita langsung menuju kamar masing-masing. Gua dikamar nomor 1, bertiga dengan Ulfa dan Uyun. Karena di puncak itu dingin, jadi hotel itu sudah dilengkapi dengan water heater. Tapi, waktu mau mandi, gua bingung gimana nyalain air panasnya. Setelah gua baca petunjuknya, ternyata kita harus nyalain showernya ±5 menit, sampai airnya hangat. Udah gua tungguin sampai 5 menit, 10 menit, 15 menit, itu air kagak anget-anget juga. Akhirnya gua coba untuk menghubungi petugas hotelnya. Dan ternyata emang bener, water heater di pusatnya belum dinyalain! Oh my Allah! Pantes aja, mau gua tungguin sampe gua mancung juga, itu air kagak bakal anget. Dan setelah dinyalain, akhirnya airnya bisa anget juga. Tapi, begitu gua mandi, sumpah itu bukan air anget, tapi air mendidih!  -_-“
Lupakan soal mandi! Abis itu kita makan malem. Gua gak lupa juga buat nambahin tolak angin ke dalam teh anget gua, buat ngangetin badan J Oiya, anak-anak juga banyak yang karaokean, diiringi orgen, fasilitas hiburan hotel. Rameee deh! Haha, gua mah gak ikutan, karena jujur gua capek banget, jadi cuma nonton aja.
Abis makan gua sholat isya. Dan waktu gua ambil wudhuuuu, itu airnya kaya es!! sumpah dingin banget! Kalau suhu udara waktu itu sih, kata hh gua sekitar 24o celcius. Tapi gua gak ngukur suhu airnya. Yaiyalah, masa iya hh nya mau gua masukin ke air? -_-
Yah, akhirnya malem itu kita bisa tidur nyenyak dan hangat, bertiga dalam satu ranjang :D

6 Juni 2013,
Pagi hari di puncak gunung Lawu, Tawangmangu. It’s still cold. Waktu makan pagi pakai nasi goreng, telur mata sapi, kerupuk udang, dan teh hangat (haha, masih hapal aja gua), ada penjual yang nawarin gua sepot bunga. Dan sebelum ibu penjualnya ngasih tau nama bunganya, gua udah duluan nyahut, “Edelweiss ya?” aah, gua udah lama ngidamin ini bunga. Lo tau gak, bunga Edelweiss ini bunga abadi, untuk dapetin bunga ini aja butuh perjuangan, karena tumbuhnya cuma di puncak-puncak gunung. Termasuk di gunung Lawu ini. Kenapa dijuluki bunga abadi? Karena bunga kecil berwarna putih ini, kuat, tegar, tahan, dan walaupun sudah dipetik gak akan mati, kering ataupun layu. Bunga ini juga sering dilambangkan untuk cinta abadi. Wah, historical dan filosofis banget deh bunga ini :”
Yah, walaupun sebenarnya bunga ini dilindungi dan gak boleh sembarangan dipetik, tanpa banyak cingcong, gua tetep beli si Edelweiss ini. Kapan lagi kan gua dapetnya? Gua dan Uyun waktu itu beli harganya 10 ribu. Gua gak pinter nawar, gua orangnya gak tegaan, hehe.
By The Way, kok gak ada yang ngasih gua bunga Edelweiss ya, sebagai tanda cinta abadinya ke gua? *ngimpi lo Rah! :D

Edelweiss, immortal flower
(bunganya sudah dirangkai, jadi ini
bukan bentuk aslinya)

Habis sarapan, kita langsung check out dan menuju Grojogan Sewu, yang ternyata gak jauh dari penginapan itu. Kalau disana, jangan sekali-kali deh yang namanya nenteng barang. Karena disana banyak monyet-monyet liar yang sewaktu-waktu bisa nyamber dan ngambil barang bawaan kita atau bahkan nyerang.  Anak-anak cewek yang paling takut, dan teriak-teriak histeris gitu. Kalau gua sih, keep calm and .. tetep takut juga sebenernya dalam hati, haha :D tapi gua gak histeris gitu, hehe.


Akhirnya sampai di gerbang Grojogan Sewu

Tapi jangan kira setelah ngelewatin gerbang itu, kita langsung ketemu Grojogan Sewu. Masih butuh perjuangan lagi, kita harus menuruni 1.250 anak tangga! Untuk mencapai air terjun Grojogan Sewu. Duh, kaki gua udah jalan sendiri waktu nurunin tangganya, belum lagi kita juga masih harus menghindari monyet-monyet liar yang ganas itu. Huufftt -,-
Tapi, perjuangan kita gak sia-sia! Semuanya terbayar ketika melihat Grojogan Sewu, dan merasakan sejuk tempias airnya. Uuaadem! (dingin) ({})

Air Terjun Grojogan Sewu


Pose lo gak enak amat Rah,
jongkok begitu. Kebelet? o.O

Eh, eh, bapak-bapak yang dibelakang gua itu, Bapak Nuh Macan, beliaulah bendahara study tournya.

O iya, disana gak cuma ada air yang terjun melulu. Tapi juga ada wahana air nya loh. Salah satunya arung jeram. Hanya dengan 11 ribu rupiah, kalian udah bisa mengarungi dan merasakan dinginnya air sungai, beserta sensasi-sensasi lainnya. Jujur, gua pengeen banget. Tapi yang pasti ntar ini baju bakal basah. Dan cewek itu ribet banget ganti bajunya, jilbabnya. Belum lagi bajunya ada di dalam koper, kopernya ada didalam bagasi bus, bus nya ada diatas, yang artinya gua mesti naikin 1.250 anak tangga, cuma buat ngambil baju, trus balik lagi nurunin 1.250 anak tanggaaaa, jadi yah biarlah gua jadi penonton aja. Bapak-bapak guru & anak anak cowo aja deh yang ikutan.

Sayang, gua gak ada fotonya.

Puas menikmati keindahan dan merasakan dinginnya air terjun Grojogan Sewu? Sudah berbasah-basah kuyup karena main arung jeram atau terkena tempias airnya? Sudah dapat berapa jepret foto? Sudah, sudah, sudah? Ayo kita naik lagii -_-“
Kalau capek dan males naik jalan kaki, sebenernya ada penyewaan kuda sampai ke atas. Tapi harga sewanya 60 ribu rupiah. Waduh, 60 rebong? Lumayan tuh buat beli oleh-oleh. Kalo itu kuda bisa dibawa sekalian jadi oleh-oleh mah iya aja, mau gua. Udah deh, gua pilih jalan kaki aja, sehat kok J). Atau kalo mau yang murah, lo bisa beli dan minum Mirai Ocha, trus ntar bakalan ada Titi Raja Bintang yang dateng pake iket kepala & bawa genderang, sambil ditabuh dan teriak “Ganbatte!!” Dia bakal terus nyemangatin lo naik tangga sampai atas nanti, yeee (korban iklan -_-)
Baru naik beberapa anak tangga, langkah gua pun terhenti *tsaaah. Ternyata ada wahana lain saudara-saudara, flying fox! Aaakk, gak bisa arung jeram, flying fox pun jadi! Dengan tarif yang sama dengan arum jeram, yakni 11 ribu rupiah. Murah meriah ya! Gak banyak bacot, gua langsung beli tiketnya and, swiiiiing!!

Flying fox!! :D

Setelah maen flying fox, gua pun lanjut naikin tangga. Kaki pegal, peluh bercucuran (halah), akhirnya sampai juga di penghujung tangga,

Selamat, selamat gundulmu, capek nih -,-
Sambil mengistirahatkan diri di bus, kita langsung menuju tempat wisata terakhir, yaitu Sangiran. Itu loh, museum nenek moyang kita, alias manusia purba. Tiba di situs Sangiran, kita bisa langsung lihat patung selamat datang yang unik, tapi fulgar sih :D


Wkwkwk

Kita pun langsung masuk ke museumnya. Di dalam museumnya berisi fosil-fosil manusia dan hewan purba, penjelasannya, penemu-penemunya, diorama, film dsb. Kalau seingat gua sih ada 3 display room (ruang pajang) yang sudah ditata sedemikian apiknya, dan gua akuin itu kece banget. Walaupun isinya barang-barang purba, tapi tata ruangnya itu yang bikin kita tertarik (y).

Sorry yah, kalo fotonya fulgar :D



Dengan selesainya kunjungan kita di Sangiran, maka berakhir pulalah perjalanan panjang study tour tahun ini. O iya, sebelum pulang, kita juga sempat mampir di pusat oleh-oleh jajanan khas di Jogja. Pastinya gua beli khasnya aja, 2 kotak bakpia, 2 kotak yangko dan 1 kotak ampyang, lazziiiss :9
Setelah itu, kita langsung caaww pulang. Kita naik kapal yang sama kaya waktu berangkat, kapal Jatra II. Kita makan siangnya di kapal lagi. Dan makan siang terakhir ini, gua & Uyun :

Gak nafsu makan :3

And the end, alhamdulillah, kita semua tiba dengan selamat di sekolah tercinta pada 7 Juni 2013, sekitar pukul 21.00. Ternyata kita sudah dinanti oleh keluarga kita yang mau jemput. Sekolah pun jadi rame banget oleh para orang tua yang setia menanti kepulangan putra-putrinya. Sayonaraa 
Tapi guys, berita buruknya adalah, cardigan kebangsaan kelas gua hilang waktu turun dari bus, padahal kan cardigannya itu gua sendiri yang ngedesain.

In memoriam my cardigan :’(

Tidak ada komentar:

Posting Komentar