Selamat Hari Raya Idul Fitri 1
Syawal 1434 H, Minal Aidin Wal Faizin, Mohon Maaf Lahir dan Batin ^^
Ngabuburit. Istilah ini udah khas banget sama bulan Ramadhan. Kegiatan kita selama nunggu waktu buka puasa sering disebut ngabuburit. Kalau minoritasnya, ngedengerin kultum atau nasyid, tilawah Al-Quran, atau nonton acara religi. Dan mayoritasnya adalah JJS alias jalan-jalan sore. Gak bisa mungkir kalo gua termasuk kaum mayoritas. Gua masih lumayan sering jalan-jalan sore sama Bapak dan Adek. Nyari takjil, nyuci motor, ngebolang, blusukan ke kebun-kebun, lewat jalan yang belum pernah dilewatin sebelumnya, jalan yang berbatu-batu, yang berlumpur, yang sempit, yang bergelombang. Hampir semua medan udah pernah dijajal. Paling-paling, pulangnya, kaki gua lecet-lecet karena kena batu atau rumput-rumput yang tajem dan berduri. Mentoknya, cuma muter-muter gak jelas, ngabis-ngabisin bensin (sok kaya amat gua, BBM naik gini, malah dihabis-habisin :D). Karena banyaknya orang yang ngabuburit kalau sore, jalan raya jadi rame banget. Dan ini yang gua kangenin.
Petasan dan kembang api. Petasan & kembang api gak cuma booming waktu tahun baru doang. Waktu puasa sampai lebaran nanti, kuping lo juga bakalan pekak sama suara petasan dan kembang api. Anak-anak jahil yang ngelemparin “mercon” sembarangan, suara ledakan mercon yang nyaring, cetar membahana, dan bunga-bunga mesiu raksasa di langit malam, semuanya ngangenin.
Setelah 30 hari berpuasa (dikurangi
5 hari break karena udzur), sudah sepatutnyalah kita mengecap fitrinya hari
kemenangan. Bukan sekedar merasa bahagia karena telah berhasil menahan hawa
nafsu selama satu bulan, tetapi wajar pula untuk kita merasa sedih. Karena ini
juga berarti kita telah meninggalkan Bulan Ramadhan. Bulan yang paling the
best, paling greget dan paling ngena menurut gua. Dan jujur, mungkin kalian
semua yang muslim juga ngerasain hal yang sama dengan gua, gua bakalan kangen
sama bulan ramadhan dan semua hal didalamnya.
Angin Puasa. Gua juga gak tau apakah cuma gua yang ngerasain,
karena entah kenapa angin di bulan Ramadhan itu kerasa beda banget sama
angin-angin biasa di bulan lain. Rasanya lebih lembut dan lebih damai, terlebih
waktu sore, menjelang buka puasa. Sejuuk banget rasanya. Tapi sejuknya juga
beda. Angin puasa ini punya sensasi sendiri deh pokoknya. Jadi, gua sering
nyebutnya angin puasa, karena angin-angin tipe kaya gini cuma gua rasain waktu
puasa doang.
Tarawih. Ibadah yang satu ini memang cuma ada di bulan Ramadhan,
jadi pasti ngangenin. Sesaknya masjid waktu malam pertama tarawih, berkurangnya
jamaah dari hari ke hari, masjid yang sepi menjelang akhir Ramadhan, dan justru
mall yang rame (miris, padahal kan di penghujung Ramadhan itu berkah &
pahala yang berlimpah), anak-anak kecil yang teriak “Aamiin” nya keras-kerasan,
bilalnya, akhwat-akhwat yang tadarus sehabis sholat tarawih dan rela nunggu
antrian ngaji bahkan sampai tengah malam, ikhwan-ikhwan dan bapak-bapak yang terus
ngaji sampai besok subuh, dll. O iya, gua juga kangen sama Biyung. Beliau itu
seorang nenek yang memang udah tua banget, makanya kita semua manggilnya
Biyung. Tapi, yang gua salutin dari Biyung adalah semangatnya yang te o pe be
ge te di usia serenta itu. Biyung gak pernah yang namanya absen sholat tarawih,
Biyung selalu datang lebih awal, dan sudah lebih dulu ada di shaf paling depan.
Biyung selalu ngikutin semua rakaat sholat tarawih (20 rakaat) + sholat witir
(3 rakaat) walaupun itu susah banget untuk Biyung lakuin. Biyung sholatnya slow
motion dan badannya rada gemeter gitu. Gua bisa cerita sedetil ini karena gua
sering sholat disampingnya, dan sering merhatiin dia kalo lagi sholat sunnah.
Subhanallah!! Kadang, gua diajak ngobrol sama Biyung, tapi gua bener-bener gak
ngerti apa yang dia omongin. Gua cuma nge iya in aja, trus Biyung senyum. Oh,
Allah ...
Takjil! Huahaha laziiiiss deh takjil ini. Takjil itu makanan berbuka
puasa yang hampir gak ada yang gak enak. Walaupun Rasul menyunahkan berbuka
cukup dengan air putih dan buah kurma, tapi kebanyakan orang berbuka dengan
sesuatu yang lebih mewah, lebih nikmat, dan kadang justru kurang sehat. Ya,
seperti takjil ini. Kolak, Bubur, Cocktail, Es Buah, Es Dugan, dan masih banyak
banget macamnya. Bahkan di daerah-daerah tertentu ada pasar takjil dadakan. Dan
lagi, ini cuma ada di bulan Ramadhan!
Ngabuburit. Istilah ini udah khas banget sama bulan Ramadhan. Kegiatan kita selama nunggu waktu buka puasa sering disebut ngabuburit. Kalau minoritasnya, ngedengerin kultum atau nasyid, tilawah Al-Quran, atau nonton acara religi. Dan mayoritasnya adalah JJS alias jalan-jalan sore. Gak bisa mungkir kalo gua termasuk kaum mayoritas. Gua masih lumayan sering jalan-jalan sore sama Bapak dan Adek. Nyari takjil, nyuci motor, ngebolang, blusukan ke kebun-kebun, lewat jalan yang belum pernah dilewatin sebelumnya, jalan yang berbatu-batu, yang berlumpur, yang sempit, yang bergelombang. Hampir semua medan udah pernah dijajal. Paling-paling, pulangnya, kaki gua lecet-lecet karena kena batu atau rumput-rumput yang tajem dan berduri. Mentoknya, cuma muter-muter gak jelas, ngabis-ngabisin bensin (sok kaya amat gua, BBM naik gini, malah dihabis-habisin :D). Karena banyaknya orang yang ngabuburit kalau sore, jalan raya jadi rame banget. Dan ini yang gua kangenin.
Petasan dan kembang api. Petasan & kembang api gak cuma booming waktu tahun baru doang. Waktu puasa sampai lebaran nanti, kuping lo juga bakalan pekak sama suara petasan dan kembang api. Anak-anak jahil yang ngelemparin “mercon” sembarangan, suara ledakan mercon yang nyaring, cetar membahana, dan bunga-bunga mesiu raksasa di langit malam, semuanya ngangenin.
Marathon. Entah gimana ceritanya bisa disebut marathon. Karena
jelas-jelas ini udah jauh banget dari pengertian marathon yang sebenarnya, lari
sejauh ±42,195 km.
Padahal realitanya, cuma anak-anak yang rame-rame jogging abis subuh, maen
petasan, nge drag, mejeng, bahkan pacaran. Merusak makna Ramadhan banget deh.
Yah, walaupun ini hal yang aneh dan tradisi yang gak baik, tapi ini tetep
ngangenin.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar